Perangkat Input (Masukan)

|

Perangkat input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Semakin banyak berkembangnya teknologi informasi maka semakin banyak peralatan input yang dapat kita hubungkan ke komputer.

Berikut merupakan Perangkat Input

1. Keyboard

Keyboard adalah papan elektroniik yang berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol mempunyai fungsi-fungsi tertentu.


2. Mouse

Mouse yaitu alat kecil yang menyerupai tikus yang dapat digunakan dengan satu tangan, mouse berfungsi untuk menunjukkan letak pointer serta memilih, menjelajahi, dan , menjalankan sebuah perintah. Mouse mempunyai sebuah pointer yang akan bergerak sesuai dengan gerakn bola kecil yang terdapat di dalam mouse, namun untuk saat ini fungsi bola tersebut sudah banyak digantikan dengan cahaya inframerah.



3. Trackball

Track ball adalah peralatan input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse, namun yang membedakan adalah bentuknya yang menyerupai bola.


4. Joystick

Joystick adalah peralatan yang digunakan untuk menjalankan program game di komputer, menggerakkan gambar atau kursor tertentu dalam layar monitor.


5. Scanner
Scanner digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Hasil dari proses scanning tersebut adalah sebuah file gambar. Namun dengan bantuan aplikasi khusus seperti Omni pages, kita bisa memindai teks sehingga hasil gambar yang dihasilkan oleh scanner dapat diubah menjadi file dokumen untuk selanjutnya dapat diedit di program pengolah kata.



6. Light pen
Light pen adalah alat yang bentuknya mirip pulpen, digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk grafik ke dalam komputer. Data dimasukkan dengan cara melukiskan pena pada suatu media.


7. Microphon
Microphone merupakan alat input suara, biasanya microphone ini digunakan untuk merekam suara yang dihubungkan dengan komputer.

3 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Jadi bisa ngerjain tugas dehhhh.....
Makasihhh yaaa :D

Adhi Sawank mengatakan...

Sip

Posting Komentar